LAKIP Kemenkeu meraih predikat A (sangat baik)

Kementerian Keuangan meraih predikat A (sangat baik) atas Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2012. Penganugerahan predikat tersebut disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) bersama Kementerian Dalam Negeri di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia pada tanggal 2 Desember 2013.
Tujuan evaluasi terhadap Kementerian Keuangan adalah untuk menilai implementasi dan pengembangan akuntabilitas kinerja di lingkungan Kementerian Keuangan  dalam rangka mendorong terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil. Dalam penilaian tersebut, terdapat enam pengelompokan predikat, yaitu AA, A, B, CC, C, dan D, dengan kelompok nilai tertinggi adalah predikat AA dan yang terendah adalah predikat D.
Pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 123 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2010. Dengan komponen penilaian yang terdiri dari perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja, dan capaian kinerja, Kementerian Keuangan berhasil mendapat predikat penilaian “A” dengan interpretasi “Sangat Baik”.
Evaluasi akuntabilitas kinerja ini dilakukan tidak hanya berdasarkan desk evaluation dari Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) yang diterima Kementerian PAN  dan RB, tetapi juga dilakukan melalui penilaian lapangan. Hal ini dilakukan untuk melihat lebih lanjut sejauh mana pelaksanaan penerapan manajemen pemerintahan yang berbasis kinerja pada instansi pemerintah pusat telah dijalankan.3.

Daftarkan email mu disini untuk mengikuti update KabarPajak:

0 Response to "LAKIP Kemenkeu meraih predikat A (sangat baik)"

Post a Comment