Pilihan Bisnis eCommerce untuk Orang Kantoran


Pilihan Bisnis eCommerce untuk Orang Kantoran

selesai sekolah, ingin kuliah,
kuliah selesai, ingin kerja,
belum dapat kerja, nganggur dulu
susah nyari kerja. terus usaha
sudah kerja, ingin penghasilan tambahan

ya, itulah siklus yang semua orang mengalami, terutama untuk teman-teman fresh graduated, entah dari SMA atau Perguruan Tinggi.
Terkadang setelah mendapatkan pekerjaan, beberapa orang dari kita tidak puas dengan penghasilan yang dibawa pulang atau lebih dikenal dengan sebutan Take Home Pay (THP).
Nah mumpung lagi ngehits, saya akan membahas tentang bisnis apa ya yang cocok untuk pegawai kantoran.
Iya....pegawai kantoran yang setiap hari berhadapan dengan komputer atau laptop dengan fasilitas koneksi internet.
Tentu ketika bicara bisnis yang menggunakan alat komputer dengan koneksi internet adalah bisnis online yang bisa dikendalikan disaat pekerjaan kita sedang tidak banyak, atau bahkan bisa dipantau dari handphone melalui Aplikasi atau Mobile Apps.
Sebelum kita bahas jauh tentang bisnis online, ada baiknya kita bahas tentang bisnis online atau lebih dikenal dengan bisnis sektor eCommerce.
Jenis-jenis ecommerce adalah classified ads, daily deals, online retail, dan online marketplace. Sedangkan online marketplace terbagi atas 3 proses bisnis yaitu proses bisnis jasa penyediaan tempat dan/atau waktu, proses bisnis penjualan barang dan/atau jasa, dan proses bisnis penyetoran hasil penjualan kepada online marketplace merchant oleh penyelenggara online marketplace.

Dari keempat jenis ecommerce tersebut diatas, kira-kira apa yang cocok buat kamu?
Nah sebelum terjun berbisnis online, sebaiknya teman-teman pahami betul hal-hal berikutnya:

Pertama, kenali passion teman-teman ada dimana, ini penting saya sampaikan karena kebanyakan saya lihat, mereka ikut-ikutan dan ingin sukses instant seperti teman dekatnya.
Banyak yang merugi puluhan juta karena bisnis online yang hanya mengikuti teman kerja nya, kalau istilah jawa nya anut grubyuk. Ini bisa terjadi karena teman kita yang sudah sukses bisnis online, kemudian kita mendengar cerita sukses nya, lalu kita ingin kesuksesan itu juga datang kepada kita, wait....pahami diri Anda dulu sebelum berperang.

Kedua, anggaran yang akan dihabiskan untuk investasi pertama, ini penting juga ketika teman-teman akan menentukan sektor bisnis online mana yang akan teman-teman geluti kedepannya. Anggaran ini juga termasuk untuk riset atau sekadar mengenal pasar di awal, jadi jangan langsung ingin mendapatkan keuntungan dengan modal yang telah dikeluarkan di awal.

Ketiga, waktu yang tersedia untuk berbisnis online. Apakah lingkungan kerja mu menuntut kerja full atau part time? nah ini perlu direnungkan untuk diambil kebijakan yang brilliant. Kenapa waktu? karena waktu ini penting untuk menentukan niche atau tema/topik/sektor yang akan pilih nanti untuk mengisi waktu-waktu luang mu daripada kamu gunakan untuk hanya sekadar nge-ghibah.

Nah dari faktor-faktor penting penentu jalan bisnis online mu diatas, sekiranya apa ya yang cocok dengan passion-ku, anggaran-ku, dan waktu-ku??? let's take a look...

1. Teespring

Nah teespring cocok untuk kamu yang punya passion di design, waktu bisnis terbatas, tetapi membutuhkan anggaran (di awal) yang cukup lumayan banyak. Karena anggaran di awal bisa kamu habiskan hanya untuk riset pasar, product design, belajar ads, dan bahkan hanya untuk mengikuti seminar atau webinar premium yang biayanya sangat mahal. Kebanyakan teman-teman saya menghabiskan anggaran untuk campaign iklan di berbagai platform mulai dari Facebook ads sampai dengan Google Ads.

2. Adsense

Yes....ini bisnis yang paling lazim dan umum dilakukan oleh orang atau pegawai kantoran, kenapa? tentunya karena waktu yang terbatas dan anggaran yang cukup kecil, tetapi membutuhkan passion yang lebih. Passion disini bisa berupa optimalisasi SEO, kemampuan dasar HTML, kemampuan dasar komputer dan internet, terakhir dan paling penting kemampuan menulis jika memang ingin memperoleh income dari blog berupa tulisan. Tetapi perlu teman-teman tau juga bahwa adsense tidak hanya dari blog yang berupa tulisan saja, Google memberikan sharing profit kepada publisher dari jalur tulisan (blog), video (youtube), gambar/product review (blog wallpaper), dan/atau Aplikasi (Apps).

3. Marketplace

Bisnis online ini terbagi dalam 3 jenis:
Pertama kamu sebagai Penjual atau seller murni.
Kedua kamu sebagai Perantara atau Dropshipper.
Ketiga kamu sebagai Seller dan Dropshipper juga.
Nah ketiga-tiganya ini sudah banyak dilakukan oleh teman-teman kantoran. Apalagi sekarang ini banyak Marketplace yang mendukung bisnis ini untuk tumbuh dan berkembang dengan cepat. Contohnya Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dsb.
Passion berjualan dan mengenali konsumen sangat diperlukan disini,
Membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk packing dan kirim sendiri barang jika dilakukan sendiri tanpa anak buah, tetapi tidak membutuhkan waktu banyak jika kamu menjadi dropshipper karena hanya sebagai perantara saja.
Anggaran untuk Seller murni tentu lebih banyak modal awal karena product adalah product kita, berbeda hal nya dengan dropshipper yang Zero modal, sehingga sangat menguntungkan posisinya.

Nanti saya lanjutkan kalau sudah ada waktu ya...stay tuned disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilihan Bisnis eCommerce untuk Orang Kantoran"

Post a Comment