Tax Amnesty Bikin Uang Orang RI 'Pulang Kampung'


Tax Amnesty Bisa Bikin Uang Orang RI 'Pulang Kampung'

Pemerintah mengakui ada orang Indonesia yang menyimpan uangnya di luar negeri. Kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) dinilai bisa menjadi solusi agar dana tersebut kembali masuk ke Indonesia.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung angkat bicara mengenai isu Panama Papers yang ramai diperbincangkan. Dia mengatakan dengan adanya daftar tersebut, keberadaan tax amnesty bisa menjadi jalan keluar.

"Bagi pemerintah Indonesia, ini kita lihat dari perspektif positif. Ada data, data kita validasi, apalagi kita akan keluarkan tax amnesty, sehingga jadi klop," tegas Pramono, di Gedung Setneg, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Namun, hal tersebut baru berlaku bila DPR gerak cepat untuk membahas dan mengesahkan RUU Tax Amnesty.

Pramono menjelaskan DPR akan bersidang hingga 29 April mendatang. Dalam rentang waktu itu, pemerintah berharap ada pembahasan. Bila anggota dewan bekerja dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin RUU Tax Amnesty bisa disahkan pada Juni mendatang.

"Bagi mereka, tax amnesty adalah kesempatan, dan agar uang itu bisa kembali dan bisa dipakai pemerintah bangun negara ini terutama infrastruktur yang jadi andalan Presiden Jokowi," papar menteri asal PDIP itu.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil mengatakan hal senada. Menurutnya, sangat penting bagi Indonesia untuk menerapkan kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty di tahun ini.

Tujuannya, kata Sofyan, supaya orang-orang yang menaruh dananya di luar negeri dapat mengumumkan seluruh harta kekayaan dan melaporkan pajak secara benar.

"Banyak sekali orang Indonesia yang uangnya disimpan di luar negeri. Kalau ada tax amnesty itu memudahkan sekali supaya mereka men-declare uangnya, bahkan menarik dananya diparkir di sini," harap Sofyan. (Alvin/Zul)

sumber: msn.com

Daftarkan email mu disini untuk mengikuti update KabarPajak:

0 Response to "Tax Amnesty Bikin Uang Orang RI 'Pulang Kampung'"

Post a Comment