Case tax amnesty

Case tax amnesty

Seorang Petugas Pajak beberapa kali melihat seorang ibu muda mengendarai Ferrari F12 Berlineta yang harganya 12 M itu. Belakangan diketahui bahwa ibu itu tinggal di wilayah operasional kantor pajak sang petugas. Kantor Pajak kemudian memanggil sang ibu untuk men-declare kepemilikan Ferarri tersebut.
Di kantor pajak, sang ibu menjelaskan bahwa Ferrari itu memang miliknya, didukung bukti2 yang cukup. Ketika ditanya tentang NPWP, si ibu menjawab tidak punya. "Bagaimana mungkin Anda punya mobil semahal itu dan rumah cukup mewah tapi tidak punya NPWP?", tanya petugas pajak. "Rumah dan mobil keduanya pemberian suaminya", jawabnya. Mendapat penjelasan itu Kantor Pajak memanggil suami si ibu dan diminta membawa beberapa dokumen.

Di kantor pajak, sang suami membenarkan bahwa ibu muda itu istrinya, rumah dan mobil itu memang pemberiannya. Sang petugas menanyakan NPWP yang dijawab si suami sambil menunjukkan kartu NPWP. Petugas kemudian meminta SPT tahun berjalan, si suami memberikan copy SPT 1770 SS. Terkejut sang petugas melihat model SPT si suami, lalu bertanya: "Bagaimana mungkin penghasilan Anda kurang dari 60 Juta pertahun tetapi Anda bisa membelikan rumah dan mobil mewah untuk istri Anda?" Si suami gak bisa menjawab. "Hanya ada dua kemungkinan: Anda tidak melaporkan semua harta Anda, atau mobil dan rumah itu Anda peroleh secara tidak sah!", lanjut petugas pajak. Si suami kaget dengan tuduhan itu, lalu menjawab agak keras: "Rumah dan mobil saya beli sah kok, tunai! Anda jangan menuduh sembarangan!". "Kalo begitu Anda menyembunyikan harta atau penghasilan dong", jawab sang petugas kalem.

Debat petugas dan si suami berlangsung cukup rame dan lama. Lalu sang petugas meminta copy KK si suami, memeriksanya, menatap si suami, berkata agak pelan ke si suami: "Nama ibu yang tertulis di STNK ferrari itu tidak ada di KK Anda. Sekarang Anda tinggal pilih: Saya lapor istri Anda yang tertulis di KK atau Anda ikut Tax Amnesty?" Dan si suami memilih yang kedua, yang menurutnya jauh lebih murah.. 😁

(Ilustrasi yang disampaikan narasumber seminar tentang Tax Amnesty)

Dari sebelah

Daftarkan email mu disini untuk mengikuti update KabarPajak:

0 Response to "Case tax amnesty"

Post a Comment